Wednesday 29 September 2010

Chrome 7 Lebih Cepat

Pemilihan web browser yang tepat sangatlah penting, apalagi bagi para pecinta internet atau penjelajah di dunia maya. Karena web browser atau internet browser merupakan software aplikasi untuk mendapatkan, menyajikan, dan melintasi sumber informasi di World Wide Web, yang berarti tanpa browser kita tidak akan bisa mengakses berbagai informasi dari internet.


Seiring dengan kemajuan teknologi yang meningkat dengan sangat cepat, berbagai browser berlomba merebut hati pengguna internet. Seperti, IE (Internet Explorer) keluaran Microsoft yang sampai sekarang masih dominan. Namun, ternyata dengan diam-diam Google Chrome berhasil mencuri hati para pengguna internet. Tidak tanggung-tanggung, saat ini google chrome mendepak posisi tangga Apple Safari, yang dibesar-besarkan dan banyak diramalkan akan menguasai dunia penjelajah. Sedangkan Firefox, si open source berada di runner up, dengan jumlah pemakai di dalam dan luar amerika serikat menempatkannya tetap diposisi tersebut.

Keunggulan Chrome dari pengalaman pribadi adalah kecepatannya. Walau pada awalnya memfavoritkan Firefox, namun sayang ketika menggunakan OS Linux (Ubuntu), komputer jadi sering hang, apalagi kalau tab yang dibuka banyak. Dan tidak tau mengapa jarang menggunakan IE, tidak terlalu tertarik. No offense :D

Sekarang Google Chrome versi 7 sudah dikeluarkan. Google mengumumkan Chrome 7 akan mencapai kecepatan 60 kali lebih cepat dibandingkan dengan versi 6, karena mempunyai fitur dengan percepatan GPU. GPU adalah processor dari sebuah video card, dan berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan ditampilkan di layar monitor. 

“Sistem ini mengambil API grafis terbaik  untuk digunakan pada setiap OS yang mendukung Chromium: XP/Vista/7 Windows, Mac OS dan Linux,” kata  insinyur perangkat lunak  Google James Robinson dan Gregg Tavares  di Blog Chromium.

“Angka-angka awal menunjukkan hingga 60X kecepatan peningkatan dari versi Google Chrome” tambah mereka. “Dengan  siklus rilis Google Chrome cepat, kita berharap bisa mendapatkan penyempurnaan untuk pengguna dengan cepat dan menambahkan peningkatan kinerja baru dari waktu ke waktu.”

Selain kemajuan pesat dalam performa grafis 2D Chrome,  Google juga bekerja pada kemampuan grafis 3D.

“Kami sangat gembira untuk memberikan pengembang  grafis 2D yang cepat, tapi kita berpikir benar-benar keras mempercepat grafis di Web berarti pengembang memberikan akses ke pemrograman grafis 3D dengan WebGL,” Robinson dan Tavares menjelaskan. “Dengan WebGL dan 3D CSS, pengembang dapat membuat permainan modern, galeri foto mengesankan, visualisasi data 3D, lingkungan virtual, dan apa pun yang mereka bisa mimpikan.”

Google Chrome versi 7 ini akan menandingi Mozilla Firefox 4 versi beta yang juga telah menggunakan akselerasi hardware untuk kecepatan yang lebih baik. Meski begitu, Google mengklaim, Google Chrome mempunyai kecepatan dalam performa grafis 2D dan mampu bekerja pada kemampuan grafis 3D.


Sumber :


0 comments:

 

About me

My photo
just a simple girl, living in a lonely world -dont stop believing-

Friends