Tuesday 29 December 2009

Pembuatan Model Character 3D Ular

Membuat karakter model ular ini ada beberapa macam tahap. Tahap pertama adalah membentuk badan, selanjutnya membentuk pala yang terdiri dari pembentukan kelopak mata dan mata dan untuk membuat gigi. Setelah itu memberikan material pada badan ular dan pemberian material yang berbeda untuk badan ular bagian bawah, setelah itu memberikan material untuk mata serta giginya.

Pembuatan model karakter ini dengan menggunakan software 3D Studio Max 7.

1. Pembuatan badan ular

Langkah paling awal untuk pembuatan badan ular ini adalah dengan membuat pola berupa garis. Untuk memudahkan dalam membuat pola ini maka sebaiknya menggunakan pola yang sudah dibuat terlebih dahulu dengan gambar 2D. untuk memasukkan gambar ke dalam lembar kerja 3D atau menjadikan pola tersebuat sebagai background image maka perintahnya adalah pada menu file pilih views dan pilih viewport backround, atau bisa langsung dengan menekan alt+B pada keyboard. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini





Pada aspect ratio, pilih match bitmap, kemudian check list display background dan lock zoom/pan dan pada viewportnya kita pilih front. Setelah itu, tekan file sehingga muncul kkotak dialog yang menanyakan tempat image atau pola yang ingin kita import. Sesudah memilih image yang berekstensi bmp tekan ok, maka pada lembar kerja pada bagian front image pola ular akan muncul seperti gambar di bawah ini



Setelah itu, tekan G pada keyboard untuk menghilangkan kotak-kotak kecil. Sekarang, kita akan membuat objek line yang akan mengikuti pola image tersebut. Caranya, pada tools yang ada di sebelah kanan lembar kerja pada kita pilih shapes kemudian tekan tombol line. Ikuti saja pola yang sudah tersedia, jika ingin lebih dirapihkan caranya dengan pilih modify yang gambarnya seperti pelangi, kemudian pilih vertex. Geser-geser sehingga memenuhi yang diinginkan.

Setelah membuat pola dari line, maka buat objek circle dengan radius=18. Caranya adalah, pilih circle da taruh sembarang saja di front viewport juga boleh. Sesudah membuat circle kita akan melakukan loafting line, caranya adalah pada standart primitive pilih compound object pilih loft kemudian get shape dan pilih objek circle. Jadi, circle yang kita buat tadi mengikuti pola line yang telah kita buat. Maka hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini.



Karena circle yang kita buat tadi gunanya hanya untuk lofting dan line hanya sebagai polanya, maka kedua objek tersebut sudah tidak diperlukan lagi, jadi dua objek tersebut bisa dibuang caranya dengan select circle+line lalu tekan tombol delete pada keyboard. Maka hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini




Setelah pembuatan badan ular telah selesai, maka tinggal diedit sehingga lebih rapi dan menyerupai badan ular sesungguhnya. Maka, langkah berikutnya adalah mengecilkan bagian belakang ular yang akan menjadi buntutnya. Caranya adalah dengan klik pada badan ular kemudian klik kanan dan pada pilihan convert to, pilih convert to editable poly. Aktifkan tombol vertex. Dan pilih icon paint selection region untuk seleksi vertex-vertexnya. Untuk vertex paling ujung, untuk mengecilkannya yaitu dengan cara, setelah diseleksi dengan paint selection region yang bergambar lingkaran (memilih menyeleksi dengan ini agar memudahkan penyeleksian dibandingkan dengan rectangular selection ragion yang bergambar kotak) dan klik kanan icon select and uniform scale (di sebelah kanan icon select and rotate) dan berikan nilai 10 pada offsetnya.



Dan lakukan seperti ini untuk vertex setelah paling ujung dengan memberikan nilai offsetnya sebesar 60, untuk selanjutnya 70, 80, 90 dan 95 sampai bentuk buntutnya seperti gambar di bawah ini.




Setelah pembentukan badan dan buntut selesai, maka tahap selanjutnya adalah membuat bagian kepala ular.

2. Pembuatan kepala ular

Untuk menghilangkan image background maka aktifkan kembali alt+B dan hilangkan centang pada display backround




 
Aktifkan poligon, kemudian seleksi bagian depan yang akan menjadi muka ular




Pilih tombol bevel. Berikan nilai untuk height=25 dan outline amount=20




 Klik kanan select and non-uniform scale, beri harga Z=80. Pilh extrude beri nilai=20.

Setelah itu, kita akan membuat jarak yang akan dijadikan mulut atau tempat giginya nanti, caranya adalah dengan klik kanan pilih cut. Setelah itu, seleksi bagiannya, seperti gambar di bawah ini.

 

Setelah itu, pilih poligon lagi, kemudian seleksi bagian atas dan bawah pada bagian yang telah dicut tadi. Pilih extrude beri nilai=30, apply+ok.

Aktifkan vertex dan seleksi bagian depan wajah.

Dan pada selection and non-unoform scale beri nilai y=40 dan z=55.


Setelah itu, aktifkan poligon lagi, dan seleksi bagian atas kanan 3 kotak, kiri 3 kotak, kemudian pilih extrude dan ber nilai 30. Ini untuk pembuatan kelopak mata (tempat menaruh mata atau sphere yang akan kita buat). Dan hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini


 

Seleksi bagian depan yang diextrude tadi, kemudian pilih bevel dan berikan nilai height=0 dan outline amount=-3.

Kemudian berikan nilai lagi, untuk height=-5 dan amount=0.

 

 Kemudian pada modifier list di sebelah kanan pilih turbo smooth. Maka hasilnya lebih lembut lagi, gambarnya seperi gambar dibawah ini.

 

Kemudian buat objek sphere dengan radius=11 dan segmen=32.

Kemudian dekatkan dengan tempat matanya, jika sudah pas maka copy spherenya sehingga menjadi 2 caranya adalah dengan menekan shift dan tinggal geser spherenya saja. Hingga hasil seperti gambar

 

Setelah itu buat cylinder dengan radius=30 dan height=20. Kemudian letakkan sylinder tersebut ke dalam mulut, hingga hasilnya seperti

 

Langkah selanjutnya adalah memberikan tekstur kulitnya, yaitu dengan cara tekan M, kemudian akan muncul kotak

 

Setelah itu, pada tombol standar klik dan pilih VrayM dan pada textmap (ada pada gambar di atas) klik, kemudian pilih bitmap dan pilih kulit_ular.jpg. Dan kulit ularnya akan ada dalam sample lingkaran seperti gambar di atas. Kemudian, klik assign material to selection (di sebelah kiri ke dua), setelah itu klik show map in viewport (seperti dadu yang berwarna putih biru). Kemudian pilih badan ular, pada modifier pilih UVW Mapping.

Setelah itu pilih poligon lagi dan seleksi bagian bawah.

Setelah itu, tekan M pada keyboard dan lakukan cara seperti tadi, dan pilih kulit_ular_bawah.jpg

 

Kemudian assign material to selection dan show map in viewport. Dan hasilnya akan seperti

 

Setelah itu lakukan hal yang sama untuk mata dan gigi. Setelah selesai semuanya kita dapat men-group semua objek yang telah dibuat caranya dengan pilih menu file group dan klik ok.Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini




Setelah sudah menjadi satu kesatuan maka karakter ular sudah bisa ditampilkan caranya dengan memilih menu file Rendering dan pilih render atau dengan menekan F10 pada keyboard. Sehingga model karakter ular terlihat




Selesai sudah pembahasan pada pembuatan model karakter ular kali ini, senangnyaaa………..  :'D


 
Tutorial by. maxicom

3 comments:

Pramitha Dita on 1 December 2011 at 05:02 said...
This comment has been removed by the author.
Pramitha Dita on 1 December 2011 at 05:33 said...

blog walking... sedang cari tutorial untuk pembuatan karakter 3D. mohon bantuannya, kalo ada Ym ato gtalk, boleh di share, heheheee

Indra Wahid on 27 September 2019 at 13:25 said...

Terima kasih mbak atas tutorialnya. Mungkin akan lebih baik lagi bila ada videonya.

 

About me

My photo
just a simple girl, living in a lonely world -dont stop believing-

Friends