Monday 2 November 2009

Sedikit tentang Aphrodite

Pada awalnya gag ada niat untuk membuat blog,
tapi karena ada kabar yang memberitahukan bahwa semua mahasiswa diwajibkan membuat blog, maka terciptalah blog ini. Namun sangat disayangkan tidak ada kelanjutan tentang kabar tersebut (atau saya yang tidak tau dan menganggap angin lalu), saat itu saya masih semester hmm.. lupa. hehe.. kayaknya semester 1, 2 atau 3. Dan pada saat ini saya sudah berada pada semester 5, nah baru pada semester ini ada mata kuliah yang bernama soft skill yang mewajibkan mahasiswa untuk posting ke blog (mata kuliahnya juga agak kurang jelas gitu. Tak mengerti saya. Karena pengarahannya kurang jelas. Malah ada yang bilang mata kuliah ini cuma buat anak Si. hhh..). Dan setelah nganggur beberapa tahun lamanya, akhirnya blog ini ada postingannya juga :D .


Oke, sekarang saya cuma mau sharing aja tentang sebuah istilah yang saya ambil untuk nama blog pertama saya ini (mungkin aja akan ada the next blog. he..). Tapi sungguh awalnya bingung banget mau namai blog saya apa ya, jaman dulu c namanya Nez Blog, tapi kurang oke jadi diganti lagi, namanya NO IDEA, orang saya benar-benar gag punya ide. =)) . and finally, saya pilih sebuah nama yaitu Aphrodite :) .


Saya memang sangat menyukai kata "Aphrodite" dari dulu, entah mengapa enak saja didengar dan ditulisnya walapun tentu saja ada kelebihan serta kekurangannya. Ini semua juga karena saya suka dengan peradaban Romawi, Yunani, yah semacam itulah. Seru aja :) . Ternyata sangat banyak cerita yang tersimpan di dalamnya. Sangat seru untuk dicari tahu. Sebenarnya saya juga sedang mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai semua itu, cuma sumbernya kebanyakan bahasa Inggris. Lama nerjemahinnya, cari yang indonesia sedikit banget :D . Yaudah deh, masih sedikit pengetahuannya :)).

Jadi, Aphrodite itu adalah Dewi cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Kalau dalam legenda Romawi disebut Dewi Venus. Mengenai legenda kelahiran Dewi Cinta ini, ada dua versi berbeda. Versi pertama menyebutkan bahwa Aphrodite merupakan putri Zeus dan Dione. Tapi legenda ini katanya sih kurang populer. Kenapa ya?? (Belum tahu. Ada yang udah tahu? :).) Nah, versi keduanya menyebutkan bahwa Aphrodite lahir ketika Ouranos dikebiri oleh anaknya Cronus yang membuang potongan genital ke dalam lautan, dan aphros (buih lautan) yang membesarkan Aphrodite. Agak kurang masuk akal memang menurut saya. Tapi namanya juga cerita kuno. :p

Aphrodite ini sangat populer dikalangan para dewa. Karena hal ini Zeus menjadi khawatir akan terjadi peperangan di antara para dewa karena memperebutkan sang Aphrodite. (yah namanya juga Dewi kecantikan khan. he..), sehingga menikahkannya dengan Hephaestus dan memiliki seorang putra, Eros yang menjadi Dewa Asmara atau biasa kita dengar dengan sebutan cupid.

Aphrodite juga dikisahkan berselingkuh dengan Ares, Dewa Perang hingga memiliki dua putra yaitu Deimos dan Phobos (nama satelit di Mars yang doubel lambangin dua anaknya Mars aka Ares), dan seorang putri yaitu Harmonia. Eros dan Anteros juga sering disebut-sebut sebagai putra dari Aphrodite dan Ares. Aphrodite ini selingkuh sama Ares mungkin karena Hephaestus merupakan dewa yang paling buruk rupa kali ya. Dah gitu ada juga yang menyebutkan kalau Hephaestus merupakan anak Hera, dan dia merupakan kakak Ares karena Ares juga anak Hera. Tapi karena memiliki wajah yang buruk rupa maka Hephaestus dibuang oleh Hera ke bumi.

Sebenarnya masih banyak dewa-dewi yang terdapat dalam mitologi Yunani. Dan semuanya memiliki hubungan, keturunan dan saudaraan sama Zeus. Menurut sumber sih ada 12, tapi karena saya sangat tertariknya sama Aphrodite jadinya yang saya posting disini cuma tentang Aphrodite aja deh. :) Cukup sekian sedikit tentang Aphroditenya, semoga aja bisa menambah pengetahuan, cerita bagi yang menyukainya. :)

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Aphrodite
http://en.wikipedia.org/wiki/Aphrodite
http://www.indogamers.com/f367/legenda_dewa_dewi_yunani-49186/index4.html
http://itamartiani.blogspot.com/2009/05/dewa-dewi-yunani.html

6 comments:

Unknown on 1 December 2009 at 14:19 said...
This comment has been removed by the author.
Unknown on 1 December 2009 at 14:20 said...

nama blognya keren nez. :)
baru tau gw klo dewi venus ma aphrodite itu sama .cuma beda sebutan doang haha

ditunggu postingan selanjutnya;)

anes on 14 December 2009 at 13:42 said...

thx pit... gw aja demen bgt. hhe.. makanya sering bgt kan kita denger venus itu adalah planet yang cantik,, produk kecantikan juga ada yang pake nama itu, eh ternyata ceritanya dari dewi kecantikan ini toh.. ho.

sipp.. data udah ada niyh.. cuma agag malez buat ngeditnya.. hhee...
doakan saja.. wkwkw.....

Anonymous said...

update dong blognya...

oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

atmagoferedy on 26 September 2012 at 02:07 said...

salam kenal, pernah sy baca artiel mengenai "APLIKASI

HANDPHONE ANDROID UNTUK PENCARIAN LOKASI RUMAH SAKIT

TERDEKAT ATAU BY REQUEST DI WILAYAH DEPOK" dengan emailnya :

agnes.yuniar.graisenco@gmail.com ini apa benar punya km,

kalo boleh mnta source code program andorid ada gk yea,,

please bs bantu gk neh. lgi nyusun bwt skripsi neh.

atmagoferedy on 26 September 2012 at 02:09 said...

salam kenal, pernah sy baca artiel mengenai "APLIKASI

HANDPHONE ANDROID UNTUK PENCARIAN LOKASI RUMAH SAKIT

TERDEKAT ATAU BY REQUEST DI WILAYAH DEPOK" dengan emailnya :

agnes.yuniar.graisenco@gmail.com ini apa benar punya km,

kalo boleh mnta source code program andorid ada gk yea,,

please bs bantu gk neh. lgi nyusun bwt skripsi neh.

ini email sya : atmagoferedy@gmail.com ditunggu balasannya

 

About me

My photo
just a simple girl, living in a lonely world -dont stop believing-

Friends