Wednesday 24 February 2010

Wall.e (Interaksi Manusia dengan Robot)



Judul Film      :
Wall.e
Sutradara      :
Andrew Stanton
Produser :
Jim Morris
John Lasseter
Penulis :
Andrew Stanton
Peter Docter
Jim Reardon 
Pemeran :
Ben Burtt
Elissa Knight
Sigourney Weaver
Jeff Garlin
Fred Willard
John Ratzenberger
Kathy Najimy
Distributor :
Walt Disney Pictures
Categori :
Animation
Comedy
Family
Romance
Sci-Fi
Tanggal rilis    :
27 Jun 2008 (Intl.)
13 Aug 2008 (Ind.)



Minggu lalu saya mendapat tugas untuk mengomentari salah satu film animasi dengan sudut pandang IMK (Interaksi Manusia dan Komputer). Film-film yang dikomentari adalah transformer, i-robot dan wall.e. Karena saya sudah nonton transformer dan gag punya softcopy i-robot maka saya memilih wall.e saja yang kebetulan ada teman saya yang berbaik hati memberikan softcopy-nya (thank you so much :D)

Film animasi wall.e ini diproduksi Pixar Animation Studio, dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film ini dirilis pertengahan tahun 2008 (dan ternyata filmnya sudah lama. hikss).

Bermula pada awal abad ke-22 dimana sebuah perusahaan raksasa yang bernama Buy N Large (BnL) menguasai perekonomian di Bumi, termasuk pemerintahan. Perilaku manusia menjadi semakin konsumtif sehingga mengakibatkan banyaknya sampah, apalagi sampah elektronik yang tak dapat didaur-ulang. Bumi jadi sangat tercemar dan kelangsungan hidup manusia jadi terancam.

Mencegah manusia dari kepunahan, Shelby Forthright yaitu CEO BnL melakukan pengungsian Bumi selama 5 tahun di atas armada kapal luar angkasa bernama Axiom. Axiom ini udah dilengkapi dengan robot-robot otomatis yang akan membantu segala keperluan manusia. Sedangkan ratusan ribu unit robot penghancur sampah ditinggalkan di Bumi. Robot ini dinamai wall.e yaitu Waste Allocation Load Lifter Earth-Class atau Robot Pembersih Sampah Bumi.

Wall.e ini diprogram untuk memadatkan sampah hingga berbentuk kotak dan menumpuk sampah-sampah elektronik yang telah memenuhi Bumi sampai setinggi gedung. Namun, proyek ini dibatalkan karena diperkirakan pada tahun 2110 Bumi udah sangat tercemar dan udah gag memungkinkan untuk dihuni lagi oleh manusia.

Pada tahun 2815, kira-kira 700 tahun kemudian, hanya satu WALL•E yang masih berfungsi. Lama wall.e telah menjalani kehidupan sendiri untuk memadatkan sampah, tidak bicara dan tanpa mengeluh. Ia juga suka mengoleksi barang-barang yang menarik dari tumpukan sampah dan mengambil onderdil untuk suku cadangnya (tapi gag ngerti dah kenapa si wall.e lebih milih tempat cincin daripada cincinnya :D). Ia juga suka nonton film musikal, apalagi pas adegan sepasang kekasih pegangan tangan dalam video "It Only Takes a Moment" sampai wall.e merekamnya ke dalam kaset (jadi ceritanya wall.e punya semacam radio ditubuhnya yang berfungsi untuk merekam atau memainkan kaset). Adegan ini mengajarkan wall.e memiliki perasaan :D. wall.e juga punya teman, yaitu seekor kecoa. namun interaksi mereka hanya dengan isyarat.

Suatu hari wall.e menemukan bibit tumbuhan di antara tumpukan sampah dan menanamnya dalam sepatu usang. Tak lama kemudian sebuah pesawat luar raksasa yaitu Axiom mendarat di bumi. Dia mengirimkan EVE, sebuah robot perempuan yang diprogram untuk mencari tanda-tanda kehidupan flora di Bumi. EVE berkeliling dan men-scan tumpukan-tumpukan sampah di Bumi apakah terdapat flora yang hidup, sibuk dengan aktifitasnya mencari tumbuhan wall.e hanya melihat EVE dari kejauhan, karena EVE ini mempunya alat perlindungan diri yang canggih seperti senapan yang terdapat pada tangannya jadi wall.e takut dekat-dekat dengan EVE :D. Padahal sebenarnya wall.e sangat ingin sekali mengajak EVE berinteraksi. Dan pada suatu ketika wall.e mengikuti EVE yang terus men-scan sampah, karena kecerobohannya wall.e membuat suara dan EVE sadar bahwa ada yang mengikutinya. Hampir saja wall.e kena tembak EVE. tapi pada akhirnya mereka berkenalan :)

Dengan kerja keras wall.e untuk mengambil hati EVE akhirnya EVE mau berteman dengan wall.e. Kemudian EVE diajak ke tempat wall.e dan ia memperlihatkan semua barang yang ia temukan termasuk tanaman yang ditanamnya di dalam sepatu itu, EVE men-scan tanaman itu dan ternyata tanaman itulah yang diprogram untuk dicari EVE. Kemudian secara otomatis tanaman itu masuk ke dalam tuuh EVE dan EVE dinonaktifakan secara otomatis.

EVE diambil kembali oleh Axiom dan akan dihadapkan ke pilot Axiom yaitu Kapten B. McCrea. Namun, karena wall.e menyangka EVE diculik maka wall.e mengejar pesawat luar angkasa untuk menyelamatkan EVE. Wall.e pada akhirnya dapat masuk ke dalam Axiom.

Ternyata, setelah berabad-abad manusia berada dalam Axiom, manusia kehilangan banyak kalsium sehingga membuat mereka menjadi sangat gemuk dan tidak mampu berdiri atau berjalan. Aktivitas manusia sepenuhnya dilayani robot. Pilot pesawat Axiom, Kapten B. McCrea juga memerintahkan segala tugasnya kepada sistem autopilot pesawat yang bernama AUTO. Keamanan, kebersihan, semuanya robot gan! Semua manusia yang berada di Axiom sepenuhnya dimanjakan dari bayi.

Nah langsung aja, akhirnya wall.e melihat EVE yang mau di bawa ke sang pilot dan wall.e mengikutinya. Setelah EVE dipertemukan ke pilot Axiom, EVE diaktifkan lagi dan memberikan tanaman ke pilot dan pilot melihat memori EVE selama ada di Bummi, dan akhirnya pilot merasa manusia sudah seharusnya kembali ke tempat asalnya. Memang sangat beda dengan yang pilot lihat tentang informasi mengenai Bumi, hijau, dipenuhi tumbuhan, langit berwarna biru, karena yang dilihatnya dari memori EVE sekarang Bumi sangat kotor, debu dimana-mana, langit pun tampak kelam. Namun, karena EVE telah menemukan tanaman itu artinya Bumi masih bisa ditempati karena flora masih bisa hidup di Bumi. Namun AUTO memberontak, ternyata AUTO mendapatkan tugas rahasia, yaitu diperintahkan untuk tidak mengirimkan manusia kembali ke Bumi karena perkiraan di atas tadi. Maka tanaman dicuri, namun dan ingin dihancurkan, namun ternyata wall.e menemukan tanaman yang ingin dibuang itu. dan akhirnya pilot melawan AUTO dengan kemenangan pilot :D (dengan menekan tombol non-aktif pada AUTO :D). Dan akhirnya Akhirnya, bibit tanaman berhasil dimasukkan ke dalam mesin pendeteksi (holo-detector) dan manusia dapat kembali ke bumi.

Ceritanya kebanyakan ya? Padahal gag terlalu detail lho! hehe..

Nah, dari film ini banyak banget pelajaran yang dapat di ambil. Hal negatif dari kemajuan teknologi yang berhubungan dengan robot seperti:

  • dengan semakin banyaknya peralatan-peralatan yang diciptakan dan tidak bisa didaur-ulang, maka akan menghasikan sampah elektronik yang bisa bahaya bagi manusia. karena teknologi semakin lama semakin canggih sehingga barang lama yang tidak mampu bersaing dengan teknologi baru akan ditinggal, maka sampah akan semakin menumpuk. sedangkan pembakaran sampah itu sendiri bisa menyebabkan ozon semakin menipis dan berlubang :(
  • dengan semakin canggihnya alat komunikasi, seperti manusia yang berada di Axiom, sesama manusia berhubungan satu sama lain hanya dengan melihat ke monitor yang telah terpasang pada tempat duduknya, tanpa harus berkomunikasi langsung tatap mana, ini berarti sosialisasi semakin mengurang. Masa sampai penduduk Axiom aja gag tau si kalau punya kolam di situ >.<, kayaknya tiap detik gag pernah lepas dari monitor buat komunikasi tuh. aduh..
  • karena Axiom di luar angkasa, dan tidak ada gaya gravitasi, maka manusia tidak belajar untuk berpijak, berjalan sehingga tidak bisa berjalan, dan hanya menggunakan tempat duduknya untuk pergi ke suatu tempat. Badannya juga menjadi sangat gendut karena kekurangan kalsium dan tidak berolahraga.
  • menjadikan manusia sangat manja sekali, mau minum tinggal minta sama robot, kalau ada kejahatan nanti robot keamanan aktif sediri. Lagi kayaknya gag mungkin melakukan kejahatan deh di Axiom, orang semuanya dimanjain bgt.
  • ....
kalau hal positif yang bisa diambil seperti:
  • Terdapat robot keamanan yang jumlahnya banyak yang akan aktif apabila ada sinyal / sirine yang bunyi, kemudian robot-robot tersebut mempunya jalur tersendiri yang berwarna merah, dan informasi seperti wall.e ketahuan menyusup maka informasi gambar wall.e diberikan kepada robot keamanan, dan robot tersebut mencari sampai mendapatkan
  • Mesin pencari/pemberi informasi dengan input suara, seperti yang dilakukan pilot mencari informasi tentang Bumi, dan mesin tersebut memperlihatkan seperti apa Bumi, bagaimana perilaku manusia di Bumi, dll
  • Adanya robot seperti AUTO yang menjalankan tugasnya apabila pilot sedang beristirahat
  • Adanya sistem untuk membangunkan pilotnya, dan pilotnya langsung diantar ruangan pilot.
  • Positifnya robot itu kalau sudah diprogram untuk melakukan sesuatu maka robot tersebut akan melakukan sesuatu yang diperintah atasannya sampai tuntas. Semua robot di film ini menunjukkan kepatuhan, karena telah diprogram sebelumnya. contohnya lagi yang tidak diceritakan di atas, ada robot pembersih yang membersihkan, mengelap atau membuang material asing asing yang terdapat dalam Axiom, karena wall.e sangat kotor dan membawa materi tanah dari bumi maka robot ini yang bernama M-O mendeteksi adanya material asing, makanya dia mengikuti wall.e terus untuk membersihkan 'kotoran' tersebut.
  • .... apa lagi ya? hhehe..
Saya rasa cukup komentarnya. Sepertinya sudah kebanyakan sekali :D. Ini cuma share aja tentang pendapat saya mengenai film robot wall.e yang saya tonton. Jangan dibata yah gan, maklum masih newbie banget, jadi masih harus banyak belajar untuk menulis, dan mengungkapkan pendapat melalui tulisan :D
kasih cendol gag akan nolak saya gan >_<. hehe.. Semoga berkenan. Merci :)



Gambar-gambarnya :)

          
















referensi : wikipedia

1 comments:

iyha on 24 February 2010 at 14:23 said...

yuph...
perkembangan teknologi tu bukan hanya memiliki satu dampak aja...
tetapi slalu mempunyai dua dampak, positif dan negatif...
smoga kita bisa tetap ingat akan dampak negatifnya...

 

About me

My photo
just a simple girl, living in a lonely world -dont stop believing-

Friends